kartini-blk1

Seperti halnya instansi pemerintah yang lain, UPT BLK Dinsosnakertrans Kab Kudus hari ini juga ada yang beda. Nampak sejak dari pagi hari tadi seluruh pegawai wanita di lingkungan UPT BLK mengenakan Kebaya nan cantik. Tidak ketinggalan juga, ternyata siswa pelatihan wanita juga diinstruksikan untuk mengenakan Kebaya sehingga menambah semarak suasana.

Dalam kesempatan yang sangat berharga ini, walaupun hanya dengan sederhana BLK Kudus juga mengadakan acara untuk memperingati Hari Kartini. Lomba peragaan Busana Jawa beserta Lenggak Lenggok Keluwesan Wanita Jawa. Antusiasme peserta sangat terlihat dalam acara yang digelar tersebut.

Plt Kepala UPT BLK Dinsosnakertrans Kab Kudus Drs. Sajad, M.Pd yang menjadi Komentator dalam acara peragaan busana tersebut semakin membuat suasana menjadi sorak-sorai. Dengan komentarnya yang menggelitik, tak jarang peserta lomba tersipu malu dalam berjalan di catwalk (baca : paving halaman UPT BLK, red).

Dewan Juri yang ditampilkan juga sangat serius dalam menilai peserta lomba yang berjumlah 70 orang tersebut. Adalah Muhammad Romdhon, ST, Herawan Eva Krisdianto, ST dan Alha Ega Anada, A.Md sebagai juri dalam lomba tersebut menempatkan diri di sisi catwalk. Ketiga pasang mata Dewan Juri selalu menatap dengan teliti terhadap peserta dalam menilainya. Keluwesan, Tatanan Busana dan Keanggunan riasan menjadi poin penilaian dalam lomba tersebut.

kartini-blk2

Alhasil setelah 70 orang selesai berjalan diatas catwalk tersebut, Dewan juri berunding dan menetapkan 6 orang peserta untuk mendapatkan hadiah. Plt Kepala UPT BLK berpesan terhadap seluruh peserta, bahwa wanita sekarang tidak sekedar hanya menjadi “konco wingking” (jawa: Teman di belakang), namun juga harus muncul ke permukaan menjadi Kartini-kartini masa kini yang kaya peran termasuk dalam pengembangan ekonomi keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *